Senin, 01 November 2010

BERADU TAWARAN KONTEN LOKAL DI BLACKBERRY

WALIKOTA SUNGAI PENUH

RIM
KOMPAS.com - Bisnis telekomunikasi terus melangkah maju. Kini, kebutuhan informasi dan komunikasi sudah beralih dari voice dan SMS menuju layanan konten dan nilai tambah. Para pengguna telepon seluler, terutama ponsel pintar, dimanjakan beragam konten. Ambil contoh para pengguna BlackBerry yang bisa mengunduh berbagai aplikasi lewat App World. Sebagian besar aplikasi BlackBerry itu bisa dinikmati dengan gratis.

Dengan menggandeng BlackBerry, operator telekomunikasi dalam negeri ramai-ramai menawarkan berbagai konten lokal. Layanan teranyar ditawarkan PT Indosat Tbk, yakni Indonesian Idol. Melalui aplikasi yang diluncurkan awal Juni 2010, pengguna BlackBerry bisa mengikuti informasi terkini mengenai Indonesian Idol.

Menarik pelanggan
Aplikasi ini juga terintegrasi dengan jaringan social networking yang memungkinkan penggunanya berinteraksi seperti mengirimkan foto, rekaman suara, dan lain-lain.
Agung Wijanarko, Division Head BlackBerry & Consumer Device Indosat, menyebutkan, aplikasi Indonesian Idol BlackBerry menjadi salah satu alat untuk menambah loyalitas pengguna handset buatan Research In Motion (RIM) itu. Dari aplikasi ini, Indosat menargetkan bisa merangkul sebanyak 50.000 pelanggan.

Selain Indonesian Idol, Indosat juga punya aplikasi lokal i-Berry, yang memungkinkan pelanggan bergabung dalam komunitas gadget Indosat BlackBerry. Hingga kini, aplikasi Indonesian Idol dan i-Berry telah diunduh lebih dari 10.000 pelanggan.

PT XL Axiata Tbk juga sudah menyuguhkan konten lokal bagi para pelanggan layanan BlackBerry mereka. Sejak 2009 lalu, XL telah meluncurkan XL Mall, aplikasi yang berupa games. wallpaper, themes dan lainnya. Budi Harjono, Head of Marketing Mobile Data Services XL, mengklaim, XL Mall adalah application center pertama di Indonesia dan rnerupakan karya anak bangsa 100 persen.

Budi mengharapkan aplikasi lokal ini bisa menghimpun pelanggan layanan BlackBerry XL. "Aplikasi menjadi alternatif selain perang tarif di tengah persaingan bisnis penjualan BlackBerry yang sengit," imbuh Agung. Indosat dan XL bertekad, sepanjang tahun ini bakal terus menambah ragam aplikasi lokal yang menjadi kebutuhan pelanggan.

PT Natrindo Telepon Seluler selaku pemegang brand Axis, pemain baru di bisnis BlackBerry, juga melirik aplikasi lokal sebagai layanan nilai tambah atau value added services bagi para pengguna BlackBerry Axis.Tahun ini Axis bakal meluncurkan aplikasi berbasis social networking alias jejaring sosial. Alasannya, aplikasi jenis ini paling diminati pasar. "Kini, kami tengali merampungkan kerjasama dengan penyedia konten untuk mengembangkan aplikasi," tandas Anita Avianty, Kepala Komunikasi Korporat Axis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MYSTERI SEX